Waspada Peredaran Uang Palsu, BI: Kenali Ciri-Cirinya

Antara ยท Jumat, 15 April 2022 - 10:30:00 WIB
Waspada Peredaran Uang Palsu, BI: Kenali Ciri-Cirinya
Bank Indonesia ingatkan warga mewaspadai peredaran uang palsu. (Fot: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Bank Indonesia mengingatkan warga untuk mewaspadai potensi peredaran uang palsu pada momen Ramadaan hingga Lebaran. Peringatan ini disampaikan seiring dengan peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat.

Kepala Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Erwin Soeriadimadja mengatakan, sejauh ini BI menerima 701 lembar uang palsu yang diserahkan perbankan. Karena itu BI mengimbau masyarakat untuk mengenali ciri-ciri keaslian rupiah, di antaranya pada kertas uang terdapat tanda air berupa gambar yang akan terlihat apabila diterawangkan ke arah cahaya.

Kemudian, adanya benang pengaman (security thread) yang ditanam di tengah ketebalan kertas atau terlihat seperti dianyam sehingga tampak sebagai garis melintang dari atas ke bawah, dapat dibuat tidak memendar maupun memendar di bawah sinar ultraviolet dengan satu warna atau beberapa warna.

Selain itu cetakan yang terasa kasar apabila diraba, adanya gambar saling isi (rectoverso) yakni pencetakan suatu ragam bentuk yang menghasilkan cetakan pada bagian muka dan belakang beradu tepat dan saling mengisi jika diterawangkan ke arah cahaya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: