UMKM Palembang Raup Untung Besar di Tengah Pandemi, Begini Rahasianya

Dede Febriansyah ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 16:17:00 WIB
UMKM Palembang Raup Untung Besar di Tengah Pandemi, Begini Rahasianya
Devi, pelaku UMKM pempek Palembang. (Foto: Dede)

Kini Devi telah mampu menawarkan beragam varian pempek berkualitas berbahan dasar ikan gabus. Bahkan, sejak awal pandemi, dirinya berinovasi dengan mulai mengandalkan platform digital untuk memasarkan produk.

"Setiap bulan, hampir 400 paket terjual melalui Tokopedia. Dengan kenaikan penjualan di masa pandemi ini, kami bersyukur bisa menambah tiga karyawan khusus untuk menangani pengemasan, sehingga omzet kami pun bisa mencapai sekitar Rp40 juta di Tokopedia setiap bulannya," katanya.

Secara online, Devi merasa usahanya sangat terbantu dari segi pemasaran ke wilayah yang lebih luas, seperti Jabodetabek, Pontianak hingga Bali. Selain itu, dirinya juga terbantu dalam melihat tren pasar untuk berinovasi, salah satunya dengan membuat varian pempek lain, seperti pempek udang, pempek vegan, pempek tanpa MSG, pempek mozzarella hingga pempek mercon.

"Kanal digital seperti Tokopedia sangat berdampak luar biasa terhadap usaha kami. Kami berharap para pegiat usaha lokal lainnya bisa terus menciptakan peluang dan berperan dalam melestarikan kuliner nusantara melalui Tokopedia," kata Devi.

Sementara itu, pemilik Pabrik Kerupuk Palembang, Ayub Antonius mengungkapkan, bahwa dirinya telah menciptakan peluang usaha melalui pemanfaatan teknologi di tengah badai pandemi yang mengakibatkan dirinya sempat kesulitan mencari pekerjaan.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3