Uang dari Kelompok Tani Diambil, Proyek Pengering Padi di OKU Selatan Terbengkalai

Teddy Hendrawan ยท Jumat, 01 April 2022 - 10:39:00 WIB
Uang dari Kelompok Tani Diambil, Proyek Pengering Padi di OKU Selatan Terbengkalai
Bangunan pengering padi yang rusak dan terbengkalai di OKU Selatan. (Foto: Teddy H)

OKU SELATAN, iNews.id - Sungguh keterlaluan apa yang dilakukan oknum terhadap sejumlah petani yang tergabung dalam kelompok tadi di Kecamatan Sungai Are dan Sindang Danau, OKU Selatan. Dana swakelola yang mereka terima dari Kementerian Pertanian diambil oleh oknum dinas pertanian, namun bangunan pengering padi - jagung yang dibangun terbengkalai tidak dapat digunakan. 

Akibatnya bangunan dan peralatanan yang dibangun dengan dana mencapai miliar rupiah kini rusak berat. Sementara petani terpaksa tetap mengandalkan panas matahari untuk mengeringkan hasil panen.  

Rencananya, bangunan pengering hasil pertanian itu akan digunakan puluhan kelompok petani di dua kecamatan yakni Sungai Are dan Sindang Danau. Pembangunannya menggunakan mekanisme swakelola dengan bantuan dana dari Kementerian Pertanian. 

Diketahui, pada sekitar 2018-2019 dana bantuan dari Kementerian Pertanian untuk pembanguan sudah cair langsung ditransfer ke rekening para kelompok tani. Namun, saat para kelompok tani menyusun rencana pembangunan, datang oknum Dinas Pertanian OKU Selatan meminta semua uang tersebut. 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: