Tol Trans Sumatera Dihentikan karena Biaya, Berikut Penjelasan Anak Buah Luhut
Akan tetapi, lanjut Seto, pihaknya mengakui jika dibutuhkan biaya tinggi untuk menyelesaikan pembangunan megaproyek Jalan Tol Trans Sumatera tersebut.
"Jalan Tol Trans Sumatera ini kan memang ada beberapa fase ya. Saat ini tahap satu sedang konstruksi masih ada tujuh ruas kalau tidak salah. Lalu ada juga tahap kedua dan tahap ketiga pembangunan back bone nya," kata dia.
Dia menuturkan, pemerintah berencana untuk membuat badan Layanan Umum (BLU) khusus untuk mendanai proyek pembangunan jalan tol. Hal ini bertujuan agar seluruh biaya pembangunan jalan tol termasuk Trans Sumatera ini tak dibebankan terhadap APBN.
"Kita ingin ada mekanisme cross subsidilah dari BLU jalan tol ini. Contohnya ada tendering jalan tol di Jawa yang biaya IRR nya kita tahu tinggi banget, maka itu nanti kalau ada pemenang dia juga harus membayar kompensasi supaya kita bisa bangun nanti untuk Trans Sumatera atau jalan tol lain yang memang dampak ekonominya tinggi tapi kita hitung secara finansial return kepada investor rendah," kata dia.
Editor: Berli Zulkanedi