Terungkap, 39 warga Sumsel Sempat Terpapar Paham Radikal Gabung NII

Antara · Jumat, 03 Juni 2022 - 11:11:00 WIB
Terungkap, 39 warga Sumsel Sempat Terpapar Paham Radikal Gabung NII
Gubernur Herman Deru bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanti meresmikan kampung tangguh ideologi di Martapura, OKU Timur, Kamis (3/6/2022). (Foto: Ist)

OKU TIMUR, iNews.id - Paham radikal ternyata sempat masuk wilayah Sumatera Selatan (Sumsel). Sebanyak 39 warga di Bumi Sriwijaya sempat terpapar paham radikal karena bergabung sebagai anggota organisasi Negara Islam Indonesia (NII).

Kini 39 warga tersebut telah berhasil disadarkan kembali. “Terima kasih atas upaya pengembalian saudara kita sebanyak 39 orang eks NII kepada Pancasila dan UUD 1945 ini,” kata Gubernur Sumsel Herman Deru dalam keterangan resminya, usai peresmian Kampung Tangguh Ideologi di Martapura, OKU Timur, Kamis (3/6/2022).

Pada kesempatan itu Herman Deru mengharapkan, kolaborasi lintas sektor antara pemerintah dengan TNI/Polri dan organisasi terkait lainnya dapat terus dipertahankan melalui pembentukan Kampung Tangguh Ideologi tersebut.

“Apresiasi kepada Kapolda Sumsel dan jajaran, TNI yang terlibat yang telah mendeteksi sedini mungkin, sehingga paham yang terlarang oleh negara dapat teratasi seperti yang dilakukan saat ini melalui Kampung Tangguh Ideologi,” katanya. 

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan, desain besar pelaksanaan Kampung Tangguh Ideologi itu karena menciptakan sinergisitas antara empar pilar masyarakat tingkat desa, yakni Babinsa, Babinkamtibmas, penyuluh agama dan tokoh masyarakat setempat dalam hal pemahaman ideologi kenegaraan.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: