Tersangka Korupsi Rp5 Miliar, Oknum PNS Bersama Rekannya Ditahan Kejari Muba

Era Neizma Wedya ยท Kamis, 05 Agustus 2021 - 08:05:00 WIB
Tersangka Korupsi Rp5 Miliar, Oknum PNS Bersama Rekannya Ditahan Kejari Muba
Dua tersangka korupsi dana bergulir ditahan Kejari Musi Banyuasin. (Foto: Era)

Pada 5 April 2021 lalu, kejari telah menetapkan tiga tersangka yakni SF, AG dan BT atas kasus penggunaan dana LPDB-KUMKM pada KUD Buana. BT merupakan ASN di Muba sedangkan dua lainnya pihak swasta.

Kasus ini berawal tahun 2013 saat KUD Buana, di Desa Bero Jaya Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Muba mengajukan permohonan rekomendasi dari Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Muba. Setelah terbit surat rekomendasi, pengurus KUD Buana mengajukan surat kepada Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Setelah diteruskan kepada Direktur LPDB perihal permohonan pinjaman dana modal kerja dengan memuat daftar 210 anggota, dana  ditransfer ke rekening KUD sebesar Rp5 miliar. “Akan tetapi dalam kenyataannya penggunaan dana itu tidak sesuai ketentuan dan diduga telah menguntungkan diri dan orang lain serta menimbulkan kerugian keuangan negara. Sesuai Pasal yang dikenakan yakni Pasal 2 jo Pasal 3 UU No 31 / 1999 jo UU No 20 thn 2001,” katanyanya.

Berdasarkan fakta  pengajuan, penyaluran dan penggunaan dana pinjaman LPDB KUD Buana terindikasi terjadinya perbuatan melawan hukum dan penyimpangan dana yang mengarah pada tindak pidana korupsi.

“Setelah serangkaian penyidikan sejak awal 2020, saat ditelusuri dana bergulir yang  disalurkan ke Kabupaten Muba, dan hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Wilayah Sumsel menyebutkan  kerugian negara hingga Rp5 miliar,” katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: