Temuan Kontras di Kasus Tahanan Tewas Luka Lebam, Oknum Polisi Sempat Sebut karena Takdir

Era Neizma Wedya ยท Jumat, 18 Maret 2022 - 08:28:00 WIB
Temuan Kontras di Kasus Tahanan Tewas Luka Lebam, Oknum Polisi Sempat Sebut karena Takdir
Anggota Divisi Riset dan Dokumentasi Kontras Rozy Brilian memaparkan temuan terkait tahanan tewas di Lubuklinggau, Kamis (17/3/2022). (Foto: Era N)

LUBUKLINGGAU, iNews.id - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mendapati sejumlah temuan dari hasil pendalaman kasus Hermanto, tahanan Polsek Lubuklinggau Utara yang tewas dengan luka lebam. Salah satunya Kontras menduga ada penggunaan kekuatan berlebihan oleh oknum terhadap korban.

Divisi Riset dan Dokumentasi Kontras Rozy Brilian dalam paparan hasil pendalaman di Lubuklinggau mengatakan, pihaknya menemukan bukti tindak pidana yang disangkakan pada korban pun tidak jelas.

Hal tersebut dapat diidentifikasi dari tidak adanya alat bukti sah yang dapat mengarahkan korban sebagai pelaku dari kejahatan yang dituduhkan. Berdasarkan keterangan keluarga, barang bukti yang disita kepolisian berupa tabung elpiji 3 kg diperoleh bukan dengan tindak pidana.

Kontras menilai peristiwa ini sekaligus menunjukkan tidak mempertimbangkan prinsip legalitas, necesitas, proporsionalitas, kewajiban umum, preventif dan masuk akal (reasonable) dalam menggunakan kekuatan sebagaimana mandat Pasal 3 Perkap No. 1 Tahun 2009.

Sementara itu dari temuan, keluarga mengaku jika pada saat korban berada di RSUD, kepolisian sempat menyatakan bahwa korban meninggal karena takdir dan keluarga dihalang-halangi untuk melihat kondisi jenazah. 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: