Tanam Ganja di Kebun Kopi, Petani dan Anaknya di Empat Lawang Terancam 12 Tahun Penjara

Amri Wijaya ยท Rabu, 03 November 2021 - 09:46:00 WIB
 Tanam Ganja di Kebun Kopi, Petani dan Anaknya di Empat Lawang Terancam 12 Tahun Penjara
Polisi menangkap petani yang menanam ganja di kebun kopi. (Foto: Ist)

EMPAT LAWANG, iNews.id - Petani dan anaknya di Empat Lawang yang menanam ganja di kebun kopinya terancam hukuman 12 tahun penjara. Keduanya, Hadi Subroto (38) dan anaknya BT (12) diketahui sudah pernah panen dan menjual daun ganja ke seseorang di provinsi Bengkulu seharga Rp1,5 juta per kilogram. 

Wakapolres Empat Lawang Kompol Hendri mengungkapkan, terungkapnya ladang kopi diselingi ganja ini setelah pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat. "Tersangka dijerat pasal 111 dan 114 UU Nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman seumur hidup," katanya, Selasa (2/11/2021).

Kedua tersangka ditangkap dalam penggerebekan tim gabungan Satreskrim dan Satres Narkoba Polres Empat Lawang, Jumat (29/10/2021) lalu. Ratusan batang ganja ditemukan di antara tamanan kopi di sebuah kebun di Talang Cugung Meranti, Kecamatan Ulu Musi, Kabupaten Empat Lawang. Lokasinya cukup jauh dan melalui jalan yang sulit. Lokasinya berada di bukit barisan yang membutuhkan sekitar tujuh jam perjalanan dari permukiman.  

Ratusan tanaman ganja yang ditemukan dengan ketinggian sekitar setengah meter. Selain menemukan sekitar 200 batang ganja, polisi juga menemukan 12 bibit ganja yang masih di dalam media pembibitan. 

Kepada polisi, Hadi Subroto mengaku sudah pernah panen ganja yang ditanam dan menjualnya ke seseorang di Provinsi Bengkulu. 

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: