SKK Migas Terus Berupaya Tingkatkan TKDN Industri Hulu Migas, Ini Capaiannya

Berli Zulkanedy · Rabu, 06 Juli 2022 - 06:59:00 WIB
SKK Migas Terus Berupaya Tingkatkan TKDN Industri Hulu Migas, Ini Capaiannya
SKK Migas bersama KKKS menggelar Pra Forum Kapasitas Nasional 2022 di Palembang. (Foto: Berli)

PALEMBANG, iNews.id - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus berupaya meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di industri hulu migas. Produk dalam negeri diyakini memenuhi standarisasi sektor migas dengan tingkat keamanan tinggi.

Deputi Pengendalian Pengadaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Rudi Satwiko mengatakan, produk dalam negeri yang dibuat para anak bangsa sudah memenuhi standarisasi sektor migas yang berlaku secara internasional dengan tingkat keamanan tinggi.

“Sebetulnya industri kita sudah sangat siap untuk bersaing, tapi memang kendalanya yakni economies cost scale (skala produksi),” katanya pada Pra Forum Kapasitas Nasional 2022 Wilayah Sumbagsel oleh SKK Migas dan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di Palembang, Selasa (5/7/2022).

Rudi mengatakan produk dalam negeri saat ini sudah sangat siap memenuhi kebutuhan sektor migas di Tanah Air sehingga SKK Migas menargetkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di industri hulu migas mencapai 60 persen pada 2022.

Tidak hanya peningkatan TKDN di hulu migas, SKK Migas juga mendorong produk dalam negeri menembus pasar luar negeri atau ekspor. "Industri kita mampu. Karena banyak produk dibuat di sini (dalam negeri) tiba di Singapura dicap (brand) ulang di sana," ujarnya. 

Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas Erwin Suryadi menambahkan saat ini yang menjadi fokus SKK Migas yakni bagaimana mempertemukan kebutuhan KKKS dengan pelaku industri. Hal inilah yang menjadi tujuan dari Pra Forum Kapasitas Nasional 2022 Wilayah Sumbagsel oleh SKK Migas dan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: