Segini Kebutuhan Minyak Goreng Warga Palembang per Hari

Dede Febriansyah ยท Rabu, 02 Maret 2022 - 11:36:00 WIB
Segini Kebutuhan Minyak Goreng Warga Palembang per Hari
Antrean warga pada operasi minyak goreng di rumah susun Palembang. (Foto: Erwin S)

PALEMBANG, iNews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) mencatat kebutuhan minyak goreng di Palembang dalam sebulan mencapai 1,8 juta liter. Dengan begitu, tiap orang Palembang minimal membutuhkan sekitar 0,2 liter minyak goreng dalam sehari.

"Rata-rata saja penduduk saat ini 1,7 juta jiwa. Setiap hari minimal satu orang membutuhkan minyak goreng 0,2 liter. Jika dikalikan, total kebutuhan harian mencapai 1,4 juta liter. Ini baru minimal, tapi kebutuhan sehari bisa lebih," ujar Kepala BPS Sumsel, Zulkfli, Rabu (2/3/2022).

Namun, lanjut Zulkifli, kebutuhan masyarakat terhadap minyak goreng tersebut tak diiringi dengan jumlah stok yang dimiliki, sehingga membuat komoditi tersebut menjadi sulit dan langka di pasaran. "Kondisi sulitnya warga akan mendapatkan komoditi ini seharusnya menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Kota (Pemkot)," ucapnya 

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, M Raimon Lauri AR mengatakan, pihaknya telah menyiapkan langkah kongkret untuk menyikapi besarnya kebutuhan masyarakat Palembang. "Nanti kita lihat kalau memang distribusi belum membaik, kita akan tambahkan jumlah beberapa titik lagi di pasar yang belum kita lakukan operasi pasar," ujarnya.

Namun, kata Raimon, jika dalam satu hingga dua minggu rantai distribusi minyak goreng sudah mulai membaik atau sudah dalam kondisi normal, maka program operasi pasar minyak goreng di Palembang akan dihentikan. "Sejauh ini antrean minyak goreng di operasi pasar masih mencukupi kebutuhan masyarakat," kata Raimon.

Menurutnya, selain bakal melanjutkan operasi pasar minyak goreng, Pemkot Palembang berkomitmen berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk memenuhi kebutuhan warga Palembang.

"Kita akan mengurai mekanisme alur produsen ke distributor, para agen, dan pengecer yang ada di Palembang, agar mendistribusikan kepada pengecer," katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: