Polda Sumsel Terima Dana Hibah untuk Tambahan Kuota Rekrutmen Bintara

Antara ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 17:43:00 WIB
Polda Sumsel Terima Dana Hibah untuk Tambahan Kuota Rekrutmen Bintara
Polda Sumsel menerima dana hibah untuk kuota tambahan penerimaan bintara. (Foto: Ilustrasi/Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Polda Sumsel menerima bantuan dana hibah dari pemerintah kabupaten dan kota di Sumsel untuk penerimaan bintara Polri. Dana hibah tersebut untuk kuota tambahan penerimaan bintara Polri tahun anggaran 2021. 

"Selain kuota yang telah tertera dalam DIPA Polda Sumsel 2021 sesuai petunjuk Mabes Polri, penerimaan bintara Polri tahun ini ada tambahan kuota bersumber dari dana hibah pemerintah kabupaten/kota," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, Kamis (10/6/2021).

Pemanfaatan dana hibah untuk meningkatkan kuota penerimaan bintara Polri merupakan inovasi dan terobosan kreatif dari Kapolda Irjen Pol Eko Indra Heri.

"Pemanfaatan dana hibah tersebut untuk menggali dan mencari  sumberdaya manusia (SDM) putra daerah terutama kabupaten dan kota yang saat ini masih kekurangan personel Polri di wilayahmya," katanya.

Menurut dia, perekrutan personel bintara Polri sangat diharapkan dalam rangka menambah anggota di lingkup Polda Sumsel yang hingga kini masih mengalami kekurangan. 

Personel kepolisian masih terjadi kekurangan terutama di kabupaten pemekaran seperti Kabupaten Musirawas Utara (Muaratara), 
Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Empat Lawang, dan Kabupaten ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Dengan pembukaan calon personel bintara Polri dengan bantuan dana hibah dari pemkab/pemkot di Sumsel akan menjadi tambahan personel di daerah yang masih kekurangan personel.

Selain itu, diharapkan pula dengan adanya penambahan kuota bintara Polri maka penjagaan keamanan di wilayah kabupaten dan kota yang ada di Sumsel ini akan meningkat, serta ketertiban masyarakat di daerah-daerah yang rawan juga ikut meningkat.

"Kami berharap dengan penambahan kuota bintara Polri di Sumsel ini bisa memberikan peluang lebih besar bagi putra dan putri daerah Sumsel untuk menjadi bagian dari kepolisian," ujarnya.

Sementara Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Ucu Kuspriyadi menambahkan kuota hibah dari pemkab/kota untuk penerimaan bintara tahun ini yakni Polres Banyuasin 20 orang, Empat Lawang 20, Lubuk Linggau 17, Muara Enim 17 , Musi Banyuasin 20, Musi Rawas 10, Musirawas Utara 10, Ogan Ilir 19, OKU Timur 20, Ogan Komering Ilir 17 , Ogan Komering Ulu 13, OKU Selatan 25, Pagar Alam 10, Pali 7, dan Prabumulih 25.

"Sedangkan untuk Polrestabes Palembang dan Polres Lahat, pada penerimaan bintara Polri tahun anggaran 2021 ini nihil kuota hibah," kata dia.

Editor : Berli Zulkanedi