Pemkot Palembang Edukasi Warga terkait Bahaya Zona Merah Covid-19

Antara ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 09:20 WIB
Pemkot Palembang Edukasi Warga terkait Bahaya Zona Merah Covid-19
Jembatan Ampera salah satu lokasi favorit di Palembang, Sumsel (Antara/Fenny Sely)

PALEMBANG, iNews.id - Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) masih menjadi zona merah penularan Covid-19. Untuk menekan dan meredam Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggencarkan edukasi protokol kesehatan Covid-19 ke masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Palembang Edison mengatakan, edukasi ini terus dilakukan karena hingga kini kasus Covid-19 belum bisa dikendalikan.

“Kami akan siagakan petugas-petugas di titik-titik keramaian untuk mengedukasi masyarakat,” kata Edison, Jumat (3/7/2020).

Edison menambahkan, status Kota Palembang yang kembali menjadi zona merah ini sepatutnya menjadi perhatian masyarakat. Tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol Covid-19 terus membaik namun tetap harus terus meningkatkan kedisiplinan.

“Kuncinya masyarakat, bagaimana secara sadar menggunakan masker dan menjaga jarak,” kata dia.

Selain itu, pemkot akan menempuh beberapa langkah nyata untuk memutus mata rantai Covid-19, salah satunya dengan memantau kerumunan massa di pasar tradisional. Ini dilakukan mengingat sempat terjadi klaster Covid-19 di dua pasar, salah satunya Pasar Kebon Semai.

Hingga saat ini, kata Edison, petugas dari Dinas Kesehatan masih bersiaga di lokasi tersebut untuk melakukan rapid test secara massal.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan dirinya masih menunggu kajian dari berbagai pihak untuk mengambil langkah terkait penanganan Covid-19.

Menurutnya hal ini dilatari hasil evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah dilakukan dua tahap di Palembang.

“Palembang zona merah lagi, saya sedang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Akan dibahas lagi, karena PSBB juga tidak bisa menurunkan angka Covid-19,” kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto