Pegawai Samsat Positif Covid-19, Jadi Kasus Lokal Pertama di Pagaralam

Antara ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 09:13 WIB
Pegawai Samsat Positif Covid-19, Jadi Kasus Lokal Pertama di Pagaralam
Ilustrasi Tes Swab Covid-19 (Sindonews)

PALEMBANG, iNews.id - Pasien positif Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) bertambah 29 kasus. Sayangnya, satu dari 29 kasus itu terjadi di Kota Pagaralam bahkan menjadi kasus Covid-19 lokal pertama di kota itu.

"Kasus di Pagaralam ini penularanya terjadi di Pagaralam (lokal), dia ada riwayat kontak dengan rekan kerjanya yang datang ke Pagaralam," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel Yusri, Kamis (2/7/2020).

Yusri menambahkan, kasus lokal pertama di Pagaralam itu dialami oleh seorang pegawai UPTD Samsat Pagaralam yang berdomisili di sekitar Pasar Kota Pagaralam.

"Saat ini menjalani isolasi mandiri karena tidak mengalami gejala atau OTG," katanya.

Yusri menambahkan, temuan kasus itu bermula dari adanya pegawai Samsat yang merupakan warga Kota Palembang dinyatakan positif Covid-19, kemudian dilakukan tes swab terhadap 33 pegawai lainnya dan didapatkan satu pegawai hasilnya positif.

"Sehingga kasus tersebut menjadi temuan positif Covid-19 pertama yang didapat warga lokal Pagaralam," kata dia.

Sebab dua kasus sebelumnya merupakan warga Pagaralam yang tertular di Sukabumi lalu menjalani karantina di Palembang sehingga tidak sempat pulang ke Pagaralam, dan kasus kedua seorang santri warga Palembang yang baru terdeteksi positif saat tiba di Pagaralam.

Temuan kasus tersebut cukup disayangkan karena Kota Pagaralam selama ini menjadi satu-satunya wilayah zona hijau 0 kasus lokal di Sumsel dan termasuk daerah risiko rendah.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto