Palembang Rawan Banjir, BPBD Sumsel Minta Pemda Benahi Drainase

Antara ยท Selasa, 14 September 2021 - 19:13:00 WIB
Palembang Rawan Banjir, BPBD Sumsel Minta Pemda Benahi Drainase
Banjir di ruas Jalan A Yani setelah hujan hampir seharian di Palembang pada Rabu (1/9/2021). (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selata (Sumsel) merekomendasikan kabupaten dan kota membenahi sistem drainase serta tanggul. Tindakan antisipasi harus dilakukan, karena intensitas terus meningkat yang dapat mengakibatkan banjir.

“Bencana banjir hampir terjadi di semua daerah, pengoptimalan (fungsi) drainase di wilayah resapan harus dilakukan, termasuk tanggul-tanggul penahan luapan air sungai juga harus dipastikan kokoh,” kata Kepala Pelaksana BPBD Sumsel Iriansyah, Selasa (14/9/2021).

Dia menekankan pentingnya pemerintah daerah melakukan pengecekan untuk memastikan infrastruktur pendukung upaya pencegahan banjir berfungsi baik. “Bencana alam tidak bisa diprediksi, sewaktu-waktu bisa terjadi, tapi kita bisa mengurangi resiko ancaman itu,” katanya.

Kota Palembang termasuk daerah yang rawan menghadapi banjir. BPBD menyarankan pemerintah kota menata daerah resapan air serta memastikan sistem drainase berfungsi baik untuk menekan risiko banjir. “Sudah kami rekomendasikan kepada OPD terkait di Kota Palembang,” kata Iriansyah.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2