Waspada! BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sumsel hingga 20 September

Binti Mufarida ยท Selasa, 14 September 2021 - 10:24:00 WIB
Waspada! BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sumsel hingga 20 September
Sumsel berpotesi dilanda hujan lebat selama sepekan ke depan. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Sumatera Selata (Sumsel) termasuk sejumlah provinsi yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem selama sepekan kedepan hingga 20 September 2021. BMKG melaporkan dari total 342 Zona Musim (ZOM) di Indonesia, sesuai dengan prediksi sebelumnya pada Agustus, sebanyak 14,6% akan mengawali musim hujan maju pada September 2021.

BMKG juga mengingatkan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin terpantau aktif di wilayah Indonesia hingga seminggu ke depan. “MJO, gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah aktif yang dilewatinya,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (14/9/2021).

Selain itu, fenomena MJO dan gelombang Kelvin bergerak dari arah Samudra Hindia ke arah Samudra Pasifik melewati wilayah Indonesia dengan siklus 30-40 hari pada MJO, sedangkan Kelvin skala harian. Sebaliknya, Fenomena Gelombang Rossby bergerak dari arah Samudra Pasifik ke arah Samudra Hindia dengan melewati wilayah Indonesia.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: