Intensitas Hujan Meningkat, Sumsel Siaga Bencana sampai Tahun Depan

Antara ยท Selasa, 14 September 2021 - 07:50:00 WIB
Intensitas Hujan Meningkat, Sumsel Siaga Bencana sampai Tahun Depan
Intensitas hujan di Sumsel meningkat yang mengharuskan tindakan kesiagaan menghadapi bencana banjir dan tanah longsor. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Stasiun Klimatologi dan Geofisika Kelas 1 Palembang mengingatkan Sumsel harus mulai siaga menghadapi ancaman bencana alam hidrometeorologi sampai triwulan 2022 mendatang. Ancaman bencana karena peningkatan intensitas hujan merata di Bumi Sriwijaya.

Kepala Stasiun Klimatologi dan Geofisika Kelas 1 Palembang Wandayantolis mengatakan, merujuk pada hasil pengamatan cuaca sebagian besar daerah di Sumatera Selatan diprakirakan mengalami peningkatan intensitas curah hujan dengan skala tinggi 200-400 mm. Di mulai pada peralihan musim pada pertengahan September – Oktober 2021 sampai dengan akhir triwulan pertama 2022.

“Puncak musim hujan di triwulan pertama 2022 (Januari, Februari, Maret) dengan skala tinggi 400 mm per bulan atau mungkin bisa selama 15 hari saja,” katanya, Senin (13/9/2021).

Atas kondisi tersebut, ancaman bencana alam hidrometerologi seperti angin puting beliung, tanah longsor, banjir bandang dan sebagainya kemungkinan basar akan terjadi khususnya di daerah pesisir dan atau dataran tinggi.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: