Ombudsman Sidak Dinas Dukcapil Lahat, Ada Apa?

LAHAT, iNews.id - Ombudsman Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dukcapil Kabupaten Lahat. Dalam sidak tersebut Ombudsman menekankan beberapa hal dalam pelayanan publik di masa pandemi Covid-19, mulai dari protokol kesehatan hingga teknis pengaduan.
Kepala Ombudsman Perwakilam Sumatera Selatan M Adrian Agustiyansah mengatakan, sidak yang dilakukan merupakan kegiatan rutin guna memberikan saran terhadap pememuhan standard pelayanan.
“Walaupun ada nomor online pengaduan di pusat, namun daerah juga harus menyiapkan agar permasalahan layanan publik bisa langsung ditangani dan ditanggapi Dukcapil daerah,” ujarnya, Kamis (18/2/2021).
Adrian juga mengingatkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, lantaran pandemi belum bisa diketahui kapan berakhir. “Selain layanan dan petugas khusus, karena ini masih pandemi terapkan protokol kesehatan,” katanya.
Sementara Kabid Pendaftaran Dukcapil Lahat Nangkada menyatakan siap mememuhi saran Ombudsman. Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Lahat dalam waktu dekat akan merealisasikan untuk nomor online pengaduan termasuk petugasnya.
“Saran Ombudsman sangat baik segera kita terapkan. Selama ini juga pelayanan tidak ada kendala baik blanko maupun pengurusan,” katanya.
Editor: Berli Zulkanedi