Kasus Program Serasi di OKU Naik Tahap Penyidikan, Siapa Bakal Jadi Tersangka?

Antara · Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:14:00 WIB
Kasus Program Serasi di OKU Naik Tahap Penyidikan, Siapa Bakal Jadi Tersangka?
Kejari OKU naikkan status kasus dugaan korupsi program serasi ke tahap penyidikan. (Foto: Ilustrasi/Ist)

OKU, iNews.id - Kejari Ogan Komering Ulu (OKU), Sumsel naikkan status kasus dugaan korupsi Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) di Dinas Pertanian OKU tahun 2020 dari penyelidikan ke tahap penyidikan. Sejumlah pejabat dinas pertanian dan pihak terkait telah diperiksa sebagai saksi. 

"Kami terus memanggil saksi-saksi terkait dugaan korupsi tersebut sebagai tambahan alat bukti untuk diproses lebih lanjut," ujarnya Kepala Kejari OKU, Asnath Anyta Idatua Hutagalung, Rabu (5/10/2022).

Dia menjelaskan, proyek optimalisasi yang diprogramkan Dinas Pertanian OKU itu berupa bangunan saluran air persawahan sepanjang 3.000 meter yang dibangun tahun 2020 silam di Desa Kedaton, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya.

Dalam Program Serasi tersebut dianggarkan dana sebesar Rp1,2 miliar untuk lahan kawasan rawa seluas 300 hektare dan 3.000 meter saluran air untuk Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya dan Kecamatan Sinar Peninjauan.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya telah memeriksa 10 orang saksi baik dari pejabat di Dinas Pertanian OKU ataupun dari pihak lain yang terkait kasus tersebut.

"Kami terus bekerja dengan memanggil saksi-saksi. Jika dua alat bukti sudah kami dapat, secepatnya akan dilakukan penetapan tersangka," kata Kajari.

Editor : Berli Zulkanedi

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: