Jelang Penerapan Perwali, 90 Persen Warga Palembang Taat Pakai Masker

Antara · Selasa, 15 September 2020 - 13:40 WIB
Jelang Penerapan Perwali, 90 Persen Warga Palembang Taat Pakai Masker
New normal di Palembang, warga wajib mengenakan masker (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Sebagian besar warga Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) sudah mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker ketika keluar rumah. Hal ini merupakan sinyal positif sebelum diberlakukannya Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 27 Tahun 2020.

"Memang jika dilihat sekarang baik di mal, pasar dan tempat umum lainnya masyarakat merata sudah pakai masker, hanya saja yang tinggal di gang-gang rumah mungkin masih kurang patuh," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Selasa (15/9/2020).

Fitrianti mengklaim jika 90 persen warga Palembang sudah patuh protokol kesehatan. Menurut dia, keseriusan dalam mencegah penularan Covid-19 harus mendapat dukungan penuh masyarakat.

"Jika masih ada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan akan membuat penanganan Covid-19 menjadi tidak optimal," kata dia.

Kota Palembang masih tercatat sebagai wilayah dengan kasus positif tertinggi di Sumsel, setidaknya hingga 13 September 2020 terdapat 2.778 kasus dengan 2.123 di antaranya sembuh dan 164 meninggal dunia.

Lebih lanjut Fitrianti mengatakan, Perwali Palembang Nomor 27 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru yang memuat sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Perwali itu dipastikan berlaku efektif mulai Kamis (17/9/2020), sehingga masyarakat diminta mematuhinya dengan kesadaran penuh.

"Perwali itu hendaknya jangan dilihat sebagai upaya pemerintah menghukum masyarakat, tetapi pada dasarnya mengajak agar kita semua bisa menyelesaikan persoalan Covid-19 yang selama enam bulan terakhir ini sangat menguras energi," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto