Hutan Lindung di Pagaralam Diusulkan Jadi Taman Nasional untuk Tarik Wisatawan

Antara ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 23:00 WIB
Hutan Lindung di Pagaralam Diusulkan Jadi Taman Nasional untuk Tarik Wisatawan
Ilustrasi Hutan (Antara)

PAGARALAM, iNews.id - Pemerintah Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) mengusulkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar hutan lindung dijadikan taman nasional. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk pelestarian alam.

Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni mengatakan, hutan lindung di wilayahnya dianggap memenuhi kriteria sebagai taman nasional lantaran ekosistem dan habitatnya belum terganggu.

"Kota Pagaralam hampir 60 persen merupakan kawasan hutan lindung bukit barisan yang dihuni hewan langka seperti harimau sumatera, kucing emas dan kambing hutan," kata Alpian kepada wartawan, Selasa (28/1/2020).

Alpian menambahkan, langkah ini merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak sektor pariwisata di Pagaralam.

Hal ini berkaca pada daerah di tanah air yang memiliki taman nasional. Daerah itu terbukti lebih maksimal dalam pengembangan wisata.

"Taman nasional di beberapa daerah sangat menarik wisatawan. Tidak hanya untuk berwisata dan menikmati ekosistem yang ada, juga sebagai edukasi," kata Alpian.

Sebagai daerah tujuan wisata, lanjut Alpian, Pemkot Pagaralam berupaya menemukan inovasi baru agar wisatawan tidak bosan dengan lokasi wisata yang ada di Pagaralam.

"Untuk itulah, pemkot berencana menggaet gelaran event-event nasional dan internasional agar dapat dilaksanakan di Pagaralam," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto