Gubernur Sumsel: Palembang dan Prabumulih Ajukan PSBB

Nur Ichsan ยท Senin, 04 Mei 2020 - 17:12:00 WIB
Gubernur Sumsel: Palembang dan Prabumulih Ajukan PSBB
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Dua kota di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengajukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dua kota itu yakni Kota Palembang dan Kota Prabumulih.

“PSBB hari ini saya terima dari Kota Palembang dan Prabumulih,” kata Gubernur Sumsel Herman Deru saat berbincang dalam diskusi virtual bertajuk ‘Episentrum Covid-19 Bergeser ke Luar Jakarta, Bagaimana Kesiapan Daerah?’ bersama iNews.id, Senin (4/5/2020).

Selain Herman, dialog secara virtual yang disiarkan langsung melalui akun YouTube iNews Portal ini juga menghadirkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, CEO Alvara Research Hasanuddin Ali dan Pakar Kesehatan Masyarakat dari Griffith University Australia Febi Dwirahmadi.

Lebih lanjut Herman mengatakan, saat ini surat yang diajukan Wali Kota Palembang dan Prabumulih sedang dalam pemeriksaan.

“Saya sudah instruksikan sekretaris daerah (Sekda) untuk menganalisa itu,” kata dia.

Lebih lanjut Herman menambahkan, dirinya  segera mengajukan surat PSBB ke Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan jika syarat-syarat PSBB sudah terpenuhi.

“Syarat untuk diajukan ke Menkes sudah terpenuhi belum? Kalau sudah, akan saya ajukan,” kata Herman.

Untuk diketahui, Pemkot Palembang sudah mulai bersiap melakukan PSBB sejak dua pekan yang lalu. Aturan-aturan penggunaan masker dan memberi sanksi ke pelanggarnya sudah dilakukan.

Saat ini, Pemkot Palembang tinggal menunggu persetujuan Menkes untuk menerapkan PSBB demi  memutus penyebaran virus corona atau Covid-19.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto