Didenda Rp50.000 karena Tak Bermasker, Warga Prabumulih: Belum Tahu Ada Aturan

Berrie Brima ยท Selasa, 15 September 2020 - 09:22 WIB
Didenda Rp50.000 karena Tak Bermasker, Warga Prabumulih: Belum Tahu Ada Aturan
Sidang pelanggar masker di Prabumulih digelar langsung di lapangan (Berrie Brima/iNews)

PRABUMULIH, iNews.id - Warga Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel) mengeluhkan adanya denda jika terciduk tak mengenakan masker saat keluar rumah. Keluhan ini datang karena banyak warga yang tak tahu dengan adanya aturan denda tersebut.

Salah satunya Solihin. Dia mengaku tak tahu adanya peraturan wali kota (Perwali) yang mengatur penggunaan masker saat pandemi Covid-19.

"Tadi didenda Rp50.000. Belum tahu ada aturan itu. Ini baru tahu setelah disidang," kata Solihin sambil mengenakan masker.

Solihin merupakan satu dari belasan warga yang diciduk dan menjalani sidang yustisi yang digelar petugas gabungan dari Pemerintah Kota Prabumulih, Polisi, TNI, kejaksaan serta Pengadilan Negeri Prabumulih. Sidang ini dikhususkan bagi warga yang tidak memakai masker.

Solikin mengaku jika dirinya tak pakai masker karena maskernya ketinggalan di rumah.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Prabumulih, Hartono mengatakan, sidang yustisi dilaksanakan selain menindak warga yang tak pakai masker juga sosialisasi Perwali Nomor 70 tahun 2020 tentang sanksi jika tak pakai masker serta pelaku usaha tidak terapkan protokol kesehatan.

"Penindakan dan sidang di tempat yang dilakukan diharapkan dapat memberikan efek bagi warga yang lalai darlam menggunakan masker," kata Hartono.

Kegiatan tersebut direncanakan akan terus dilakukan agar penularan Covid-19 yang tengah melanda Kota Prabumulih dapat hilang serta agar geliat ekonomi bisa pulih seperti semula.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto