Cegah Hepatitis Akut, Dinkes Sumsel: Konsumsi Makanan Matang dan Bersih

Antara · Rabu, 11 Mei 2022 - 14:04:00 WIB
Cegah Hepatitis Akut, Dinkes Sumsel: Konsumsi Makanan Matang dan Bersih
Kepala Dinkes Sumsel Lesty Nurainy. (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan (Sumsel) meminta warga bersikap optimistis terkait pencegahan penyakit Hepatitis Akut. Kunci pencegahan terhadap penyakit tersebut ialah dengan kedisiplinan menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) serta memahami gejalanya.

“Detailnya seperti jaga kebersihan lingkungan, jangan tukar menukar alat makan, dan makan makanan yang pasti kebersihannya. rutin cuci tangan dengan sabun, pastikan makanan yang akan dikonsumsi dalam keadaan matang dan bersih, hindari kerumunan, dan jaga kesehatan supaya tetap kuat,” ujar Kepala Dinkes Sumsel Lesty Nurainy, Rabu (11/5/2022).

BACA JUGA:

Ia menjelaskan, ada empat langkah penting dalam penanganan Hepatitis Akut pertama waspadai gejala awal seperti diare, mual, muntah, sakit perut, dan dapat disertai demam ringan.

Kemudian jika muncul gejala awal harus responsif dengan segera bawa pasien ke puskesmas ataupun rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis "Lalu jangan menunggu gejala lanjutan seperti kulit dan mata kuning, agar tidak terlambat dan keempat, jika terjadi penurunan kesadaran segera bawa pasien ke rumah sakit dan fasilitas ICU anak," katanya.

Menurutnya, pemprov menjamin kesiapsiagaan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di daerah ini untuk lebih optimal menyosialisasikan hingga menangani penyakit yang secara medis merupakan kondisi peradangan pada liver tersebut kepada masyarakat sebagai bagian upaya pencegahan.

Kesiapsiagaan fasilitas pelayanan kesehatan itu diterapkan sebagaimana instruksi dari Kementerian Kesehatan melalui Surat Edaran yang ditermia beberapa hari lalu.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: