Capaian Vaksinasi Masih Rendah, Anggota DPRD Sumsel: Dinkes Perlu Kerja Ekstra

Antara ยท Sabtu, 23 Oktober 2021 - 07:51:00 WIB
Capaian Vaksinasi Masih Rendah, Anggota DPRD Sumsel: Dinkes Perlu Kerja Ekstra
Capaian vaksinasi di Sumatera Selatan belum mencapai 40 persen. (Foto: Ilustrasi/Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Capaian vaksinasi Covid-19 di Sumsel masih rendah sehingga memerlukan kerja ekstra dinas kesehatan di 17 kabupaten dan kota. Dari target 6,3 juta, baru 2,1 juta jiwa yang telah mendapatkan suntikan vaksin atau baru sekitar 34 persen. 

"Perlu kerja ekstra jajaran Dinas Kesehatan di 17 kabupaten dan kota untuk mewujudkan kekebalan komunal (herd immunity) pada akhir 2021," kata anggota Komisi V DPRD Sumsel, Syaiful Padli, Jumat (22/10/2021).

Berdasarkan data capaian vaksinasi Covid-19 tersebut, jika kegiatan pelayanan dilakukan seperti sekarang ini dengan waktu yang tinggal dua bulan lagi target 6,3 juta jiwa sulit dicapai.

"Untuk mengejar vaksinasi 66 persen dari target tersebut, kami juga berupaya memperjuangkan tambahan vaksin ke Kemenkes sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Program vaksinasi yang telah berjalan sejak Januari 2021 terkendala terbatasnya stok vaksin. Untuk mengatasi masalah itu diupayakan pendekatan dengan pihak Kemenkes untuk menambah stok sesuai kebutuhan. Berdasarkan data, Sumsel masih kurang 9 juta dosis, sedangkan kuota yang diterima Sumsel saat ini hanya 365.000 dosis per bulan.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: