BMKG Prediksi Idul Fitri di Sumsel Diwarnai Cuaca Buruk

Antara · Selasa, 11 Mei 2021 - 06:50:00 WIB
BMKG Prediksi Idul Fitri di Sumsel Diwarnai Cuaca Buruk
BMKG prediksi Sumsel diwarnai hujan saat lebaran Idul Fitri. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi selama sepekan kedepan Sumsel akan dilanda cuaca ektrem. Dengan begitu, hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah di Sumatera Selatan (Sumsel) dipredisi akan diwarnai cuaca ekstrem seperti hujan lebat.

Kepala Unit Analisis dan Prakiraan Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin  (SMB) II Palembang, Sinta Andayani, Palembang mengatakan cuaca ekstrem di Sumsel terjadi mulai 10 hingga 17 Mei 2021 akibat peningkatan uap air.

"Cuaca ekstrem dipicu oleh aktifnya Medden-Julian Oscilation (MJO) di wilayah Indonesia bersamaan aktifnya gelombang ekuatorial Rossby yang menyebabkan pasokan uap air di willayah Sumsel bertambah," katanya.

Akibatnya, kata dia, hampir seluruh Sumsel berpotensi dilanda hujan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir pada siang maupun sore sampai malam hari.

Umumnya hujan di wilayah timur Sumsel seperti Kota Pagaralam, Lahat, Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara terjadi pada siang hari.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2