Bareskrim Polri Tangkap Komplotan Pembobol Rekening di OKI

Sindonews.com, Berli Zulkanedy ยท Senin, 05 Oktober 2020 - 18:43:00 WIB
Bareskrim Polri Tangkap Komplotan Pembobol Rekening di OKI
Ilustrasi tersangka (Antara)

KAYU AGUNG, iNews.id - Personel gabungan dari Bareskrim Mabes Polri, Brimob Polda Sumatera Selatan (Sumsel), serta Polres Ogan Komering Ilir (OKI) menggerebek komplotan pembobol rekening bank. Penggrebekan dilakukan di Desa Lebung Gajah, Tulung Selapan, OKI di Sumsel.

Dalam penggerebekan itu, polisi mengamankan enam tersangka. Mereka merupakan kelompok dengan sebutan tipu sana dan tipu sini (Tipsani).

"Pelaku ditangkap di rumah masing-masing tanpa perlawanan," kata Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Palupessy, Senin (5/10/2020).

Alamsyah menambahkan, penangkapan dilakukan pada Minggu (4/10/2020) sekitar pukul 05.00 WIB di Desa Lebung Gajah.

"Keenam pelaku masuk ke dalam DPO Bareskrim," katanya.

Alamsyah melanjutkan, jaringan ini telah menjadi target operasi dan setelah dilakukan pengintaian petugas gabungan segera mendatangi lokasi tersebut.

"Personel yang diturunkan ada 100 orang, dan satu pleton Brimob dengan peralatan lengkap. Dengan kekuatan penuh tersebut para tersangka tidak bisa melawan. Personel yang dikerahkan gabungan dari Mabes Polri, Polda Sumsel dan backup Polres OKI," katanya.

Selain menangkap pelaku, Polisi juga membawa sejumlah barang untuk dijadikan barang bukti seperti sepeda motor dan berangkas diduga berisikan uang hasil penipuan dan pembobolan rekening.

Dia mengatakan, modus para pelaku dalam melancarkan aksinya yakni melakukan pelacakan nomor rekening yang hendak dibobol.

Para pelaku ini mempunyai sistem untuk mengacak nomor rekening yang kira-kira dapat dibobol, setelah didapati target maka pelaku segera menguras rekening tersebut.

"Mereka ini beraksi dari rumah di desa setempat dengan para korban rata-rata di Jakarta," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: