Atasi Blankspot di Sumsel, Gubernur Herman Deru Kumpulkan Bos Penyedia Internet

Bambang Irawan ยท Rabu, 26 Agustus 2020 - 06:39:00 WIB
Atasi Blankspot di Sumsel, Gubernur Herman Deru Kumpulkan Bos Penyedia Internet
Gubernur Sumsel Herman Deru mengundang petinggi perusahaan pelayanan jaringan internet di Sumsel (Humas Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru bergerak untuk mengatasi blankspot atau wilayah yang belum teraliri jaringan ponsel maupun internet. Herman mengetahui adanya wilayah blankspot setelag melakukan kunjungan di beberapa daerah di Sumsel.

Pria yang kerap disapa HD ini kemudian melanjutkan program Internet Desa Sumsel Maju untuk Semua. Program ini sudah dicetuskan sejak tahun 2019 lalu. Dia menargetkan agar internet bisa masuk ke desa-desa di Sumsel secara merata.

Salah satu cara untuk menyukseskan program itu, HD mengundang petinggi perusahaan pelayanan jaringan internet. Ada 28 perusahan pelayanan jaringan internet yang diundang untuk bertemu dan berdiskusi membahas masalah blankspot di Sumsel.

"Saya merasa lega bisa duduk bersama, hal ini terinspirasi saat dijalan setelah saya melakukan kunjungan beberapa daerah masih ada desa yang tidak ada jaringan internet. Masa sekarang tentu jauh berbeda dibanding lima bahkan 10 tahun yang lalu dengan kebutuhan internet, apalagi di saat masa pandemi Covid-19," kata HD di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (25/8/2020).

HD menambahkan, dengan kehadiran jaringan internet di desa-desa, tentu sangat membantu baik di dalam bidang pendidikan, pengelolaan pemerintah desa, pertanian dan lainnya. Maka itu dia berkomitmen agar setiap desa memiliki koneksi internet.

Tak main-main, bahkan HD akan memfasilitasi perizinan ke bupati dan wali kota se-Sumsel untuk membebaskan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Internet ini sudah kebutuhan maka saya akan intrusikan ke bupati dan wali kota tidak ber-IMB. Internet ini sudah mutlak. Saya tidak main-main soal ini karena ini bicara kebutuhan," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto