Warga Desa Tambahasri Cemas, Ada Macan Kumbang Berkeliaran di Kebun Karet

Okezone.com, Era Neizma Wedya ยท Kamis, 20 Agustus 2020 - 17:09 WIB
Warga Desa Tambahasri Cemas, Ada Macan Kumbang Berkeliaran di Kebun Karet
Ilustrasi macan kumbang yang tertangkap CCTV (Okezone)

MUSI RAWAS, iNews.id - Seekor macan kumbang masuk ke kawasan perkebunan karet di Desa Tambahasri, Kecamata Tugumulyo, Kabupatan Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel). Akibatnya, sejumlah warga merasa cemas dengan masuknya macan kumbang tersebut.

Agus, warga Desa Tambah Asri mengatakan, harimau itu bagaikan teror karena membuat takut warga saat akan pergi ke kebun. Hampir seluruh warga di sana merupakan petani kareta.

"Iya cemas karena sudah sering kami diteror masalah binatang buas terutama harimau," kata Agus, Kamis (20/8/2020).

Agus menambahkan, bila dibiarkan berkeliaran di perkebunan karet milik masyarakat, maka dikhawatirkan ada gangguan hingga menelan korban jiwa.

"Beberapa kali warga sini melihat harimau tersebut masih berkeliaran di wilayah permukiman desa dan Kebun karet. Sehingga kami tidak bisa melakukan pekerjaan menyadap karet," katanya.

Agus berharap, bupati dan pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Palembang segera mengevakuasi harimau dari desa itu.

"Kami sangat khawatir apabila masalah ini tidak segera ditindaklanjuti dengan serius, bisa menimbulkan jatuh korban," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Tambahasri, Arifin mengatakan, terkait keresahan warga karena macan kumbang tersebut, perangkat Desa Tambahasri telah membuat laporan kepada pihak kepolisian dan Danramil Tugumulyo. Hal ini dilakukan agar pemerintah menangangi lebih lanjut.

"Surat permohonan sudah kami kirimkan ke pihak Kapolsek dan Danramil Tugumulyo, dan selanjutnya saya akan mengirimkan langsung surat ke Pemkab Musi Rawas," kata Arifin.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto