Veteran di Sumsel Ungkap Tidak Ada Lagi Perhatian Pemda

Dede Febriansyah · Kamis, 11 Agustus 2022 - 11:26:00 WIB
Veteran di Sumsel Ungkap Tidak Ada Lagi Perhatian Pemda
Legiun veteran mengungkapkan tidak lagi mendapatkan tali asih dari Pemda. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Sebanyak 303 veteran atau mantan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang bermukim di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) lebih memperhatikan nasib mereka. Ketua DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sumsel, Ramses mengatakan sejak beberapa tahun terakhir mereka tidak lagi menerima tunjangan dari pemerintah daerah. 

Ketua DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sumsel, Ramses mengatakan, bahwa saat para veteran tak lagi bertempur di medan perang, kini generasi penerus mereka tinggal menikmati hasil jerih payah puluhan tahun silam yang para pejuang perjuangkan.

Dalam peringatan Hari Veteran Nasional (Harvetnas) tahun, Ramses menyebut jika para legiun veteran perlu perhatian pemerintah berupa tunjangan sebagai bentuk perhatian atas jasa dalam memperjuangkan kemerdekaan.

"Sebelumnya ada, para veteran menerima sebesar Rp300 ribu per veteran. Namun sejak beberapa tahun terakhir sudah tidak menerima," ujar Ramses, Kamis (11/8/2022).

Meski sudah tak ada lagi tali asih dari pemerintah daerah, para veteran masih menerima uang pensiun dan tunjangan yang diterima setiap bulan. Bagi Ramses dan 303 orang veteran, minimnya bantuan tali asih itu bukan persoalan karena pengabdian dan tugas untuk menjaga negeri.

Ramses mencatat jumlah veteran yang tersisa saat ini berjumlah 119 orang sebagai Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI), dan berjuang dalam masa revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 - 27 Desember 1949. Jumlah tersebut terus menyusut dibanding tahun 2015 lalu yang mencapai 781 veteran.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: