Terkendala Pembebasan Lahan, Pembangunan Flyover Sekip Ujung Ditunda

Berli Zulkanedy ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 23:30:00 WIB
Terkendala Pembebasan Lahan, Pembangunan Flyover Sekip Ujung Ditunda
Flyover di Palembang (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Rencana pembangunan flyover di sekitar Lampu Merah Angkatan 66 (Sekip Ujung) dipastikan mundur. Bukan tanpa alasan, flyover yang dibangun untuk mengatasi kemacetan ini mundur karena terkendala pembebasan lahan.

Kepala Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Nasional (P2JN), Dadi Muradi menerangkan, pembangunan flyover Sekip yang direncanakan akan dibangun 2020 batal dilakukan dan anggaran pembangunan sekitar Rp271 miliar, dialihkan untuk pembangunan infrastruktur di daerah lain yakni pembangunan duplikasi jembatan di Tanjung Raja, Ogan Ilir.

"Kita minta kemarin lahannya clear pada Agustus kemarin, karena belum clear jadi kita tunda dulu," kaya Dadi Muradi.

Lebih lanjut Dadi mengatakan, sesuai kesepakatan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang harus menyelesaikan pembebasan lahan sampai dengan Agustus 2019. Karena lahan belum bebas, jadi pembangunan harus ditunda. Pembangunan akan kembali mulai dilanjutkan pada 2021 dengan syarat lahan dapat dibebaskan.

"Untuk anggaran kemarin kita alihkan ke untuk duplikasi jembatan air Ogan Tanjung Raja. Sementara proses Fly Over sendiri semuanya sudah selesai seperti Detailed Enginering Desain (DED). Tinggal lahannya saja dibereskan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari mengatakan, pembebasan lahan akan dilakukan tahun 2020.

Sayangnya, dia belum dapat memastikan ketika disinggung tentang kapan dimulainya pembebasan lahan dan jumlah persil yang akan dibebaskan termasuk kendala pembebasan lahan. Menurutnya, detail keseluruhan masih menunggu hitungan akhir dari KJPP.

"Jika lahannya sudah clear and clean, untuk tender pelaksanaan kontruksinya akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," ujarnya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: