Sumsel Akan Jadi Daerah Contoh Kelima di Dunia Penggunaan LNG untuk Kereta Api

Bambang Irawan ยท Minggu, 09 Agustus 2020 - 17:05 WIB
Sumsel Akan Jadi Daerah Contoh Kelima di Dunia Penggunaan LNG untuk Kereta Api
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menerima kunjungan kerja Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar dan Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa, Komite BPH Migas Ahmad Rizal (Humas Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan menjadi daerah percontohan konversi bahan bakar minyak (BBM) menggunakan Liquefied Natural Gas (LNG). LNG ini nantinya akan digunakan untuk transportasi kereta api. Jika berhasil, maka Sumsel menjadi daerah pertama di Indonesia dan nomor lima di dunia.

Hal itu diungkapkan langsung Gubernur Sumsel Herman Deru usai menerima kunjungan kerja Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar dan Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa, Komite BPH Migas Ahmad Rizal beserta rombongan di kantor Gubernur Sumsel beberapa waktu yang lalu.

"Ada kabar baik hari ini. Sudah mendekati kesepakatan bahwa Kereta Api kita akan mengkonversi BBM nya dari solar ke LNG. Dan Sumsel akan menjadi contoh yang kelima di dunia," kata HD didampingi Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa.

Dengan adanya pertemuan hari ini, Herman Deru berharap penerapan konversi tersebut bisa segera dimulai. Mengingat trafik pemanfaatan kereta api di Sumsel memang tinggi baik terutama untuk mengangkut bahan tambang seperti batubara puluhan juta ton serta minyak dan gas.

Mengenai realisasinya, pria yang kata HD masih membutuhkan keputusan manajemen dari PT. Kereta Api Indonesia (KAI), BPH Migas dan Komisi VII DPR RI yang membidangi hal tersebut.

"Tapi kalo saya sebagai gubernur tentu menyarankan alangkah baiknya PTKAI mengikuti program itu karena sangat menguntungkan baik bagi lingkungan karena emisi gas buangnya lebih baik dan hemat juga," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto