Sidak Tambang Ilegal, Pj Bupati Muara Enim Temukan Penambang Asal Jakarta dan Alat Berat

Edwinsyah Satria ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 08:50:00 WIB
Sidak Tambang Ilegal, Pj Bupati Muara Enim Temukan Penambang Asal Jakarta dan Alat Berat
Lokasi tambang ilegal di Muara Enim. (Foto: Edwinsyah)

MUARA ENIM, iNews.id - Penambangan batubara ilegal atau tampa izin di Muara Enim, Sumatera Selata (Sumsel) masih marak. Ketika inspeksi mendadak (Sidak) di Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar menemukan sejumlah penambang serta alat berat berupa ekskavator.

Larangan penambangan tanpa izin diperketat setelah terjadi kecelakaan yang mengakibatkan sejumlah penambang tertimbun. Pantauan di lokasi, di lahan seluas sekitar setengah hektare yang telah dibuka terdapat alat berat, warung penyedia makanan bagi penambang yang dilengkapi pondok untuk tempat istirahat. Kemudian terlihat tumpukan karung berisi batubara yang siap dikirim. 

Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar meminta masyarakat untuk tidak melakukan penambangan secara manual dan tradisional karena berbahaya. Selain itu, masyarakat juga diminta bersabar, karena pemerintah sedang mencari solusi agar masyarakat tetap bisa mencari nafkah memanfaatkan hasil tambang. "Masyarakat diminta bersabar, pemerintah sedang mencarikan sosuli untuk masyarakat ini," ujarnya. 

Sementara enam orang yang ditemukan di lokasi mengaku berasal dari Jakarta dan baru tiga hari berada di lokasi yang mereka sebut tambang mandiri. 

Editor : Berli Zulkanedi