Sepanjang 2019, Polda Sumsel Tangkap 44 Tersangka Kasus Korupsi

Antara ยท Rabu, 01 Januari 2020 - 17:20 WIB
Sepanjang 2019, Polda Sumsel Tangkap 44 Tersangka Kasus Korupsi
Ilustrasi tersangka korupsi (Dok/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Sepanjang tahun 2019, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil mengamankan 44 tersangka kasus korupsi. Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan mengatakan, penindakan kasus korupsi ini dilakukan di 17 kabupaten dan kota wilayah Sumsel.

"Penanganan korupsi pada 2019 cukup baik, ada 44 tersangka yang diamankan dengan uang negara yang berhasil diselamatkan dari tangan koruptor itu sebanyak Rp16 miliar," kata Rudi Setiawan di Palembang, Rabu (1/1/2020).

Rudi menambahkan, nantinya di tahun 2020 pihaknya bejanji akan meningkatkan penanganan kasus korupsi di Sumsel.

"Pada 2020 ini berupaya meningkatkan penanganan tindak pidana korupsi. Tahun lalu berjalan cukup baik," imbuhnya.

BACA JUGA: Polda Sumsel Tetapkan Wakil Bupati OKU Tersangka Korupsi Tanah Kuburan

Untuk meningkatkan penangan kasus korupsi, kata Rudi, pihaknya berupaya aktif menindaklanjuti setiap pengaduan masyarakat terkait dugaan penyimpangan uang negara oleh pejabat pemerintah daerah setempat.

Saat disinggung terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan kuburan yang dilakukan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Johan Anwar, lanjut Rudi, pihaknya memang mengakui kasus itu sempat di SP3, kini kasus itu sudah kembali dibuka.

"Kasus korupsi yang sempat terhenti penyidikannya, meskipun sudah cukup lama sepanjang bisa dibuka kembali dengan adanya bukti-bukti baru akan diproses sesuai ketentuan hukum," tuturnya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto