Senjata Tradisional Sumatera Selatan, Nomor 5 Jadi Koleksi Museum Wallace Inggris

berli · Kamis, 22 September 2022 - 13:55:00 WIB
 Senjata Tradisional Sumatera Selatan, Nomor 5 Jadi Koleksi Museum Wallace Inggris
Senjata tradisional Sumatera Selatan Klewang. (Foto: Laman Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Senjata Tradisional Sumatera Selatan memiliki bentuk, sejarah dan makna berbeda-beda. Meskipun telah terjadi pergeseran makna dan bentuk, namun beberapa senjata tradisional Sumatera Selatan masih terpelihara hingga kini. 

Banyak senjata tradisional Sumatera Selatan yang pada jaman dahulu dipakai warga baik sebagai senjata untuk menyerang maupun bertahan atau melindungi diri dari bahaya. Namun dari sekian banyak senjata tradisional, sebagian masih bertahan di antaranya keris Palembang dan Kudhok

Mengutip sejumlah sumber di antaranya perpustakaan.id, berikut senjata tradisional Sumatera Selatan dengan penjelasan dan bentuknya :

1. Tombak Trisula

Senjata tradisional Sumatera Selatan pertama yakni tombak trisula. Senjata dengan tiga ujung lancip ini bentuknya tentu tidak asing bagi masyarakat modern, karena tombak bermata tiga ini muncul di legenda dan juga senjata pegengan Dewa Siwa. Di beberapa tempat di Sumsel, tombak trisula disebut serampang dan digunakan untuk menangkap atau berburu hewan. 

Beberapa sejarawan meyakini bahwa perkembangan penggunaan tombak trisula beriringan dengan perkembangan ajaran Hindu di Sumatera Selatan pada masa kerajaan Sriwijaya. Hal ini dikarenakan senjata trisula merupakan senjata pegangan Dewa Siwa, salah satu dewa dari dewa trimurti yang disembah oleh masyarakat Hindu.

Keunikan trisula Palembang dengan trisula lainnya yakni terdapat pada kedua sisinya. Di bagian mata tombak memiliki tiga ujung lancip dan sisi lainnya tumpul. Karena itu, tombak trisula ini sangat tajam. Banyak penemuan tombak trisula yang kemudian disimpan di Museum Balaputradewa.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: