Pulang dari Jatim, 16 Santri Asal Sumsel Langsung Dikarantina di Jakabaring

Antara ยท Senin, 13 April 2020 - 20:46 WIB
Pulang dari Jatim, 16 Santri Asal Sumsel Langsung Dikarantina di Jakabaring
Wisma Atlet Jakabaring disiapkan jadi tempat isolasi PDP Virus Corona (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Sebanyak 16 orang santri asal Sumatera Selatan (Sumsel) yang datang dari pesantren di Jawa Timur (Jatim) menjalani karantina. Mereka dikarantina di ODP Center atau Rumah Sehat Wisma Atlet Jakabaring Palembang agar terhindar dari infeksi virus corona atau Covid-19.

Belasan santri itu tiba di Palembang dalam waktu yang berbeda. 11 santri di antaranya tiba melalui Bandara SMB II Palembang pada Minggu (12/4/2020)  sementara dan lima orang lainnya tiba dengan bus, Senin (13/4/2020).

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan, karantina atau isolasi diri merupakan sesuatu yang memang wajib diberlakukan untuk masyarakat yang masuk ke Sumsel.

"Rapid test juga harus dilakukan. Bukan apa-apa, ini demi kenyamanan bersama. Tidak ada salahnya setiap warga yang masuk ke Sumsel di rapid test. Seperti yang kita lakukan terhadap para santri ini," kata Yahya.

Karantina ini dilakukan sesuai arahan Gubernur Sumsel Herman Deru. Seluruh pemudik atau pendatang harus menjalani karantina atau isolasi di Rumah Sehat Jakabaring.

"Tanpa batas kita menyiapkan rapid test ini. Sebanyaknya kita siapkan berapa kebutuhannya. Kita siap untuk ini, setiap orang silahkan manfaatkan Rumah Sehat ini tanpa terkecuali," kata Pria yang juga Ketua Rumah Sehat Jakabaring Palembang.

Bahkan, lanjut Yahya, soal pelayanan di ODP Center, telah dilakukan secara maksimal. Semuanya disiapkan seperti mandi, makan karena fasilitasnya sangat memadai karena Pemprov Sumsel memang komit dengan keselamatan masyarakat ini.

"Termasuk para santri ini juga tidak perlu khawatir, katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto