2.853 Desa di Sumsel Akan Ubah Rancangan Anggaran Dana Desa untuk Berantas Virus Corona

Antara ยท Senin, 13 April 2020 - 19:04:00 WIB
2.853 Desa di Sumsel Akan Ubah Rancangan Anggaran Dana Desa untuk Berantas Virus Corona
Ilustrasi Dana Desa (Sindonews)

PALEMBANG, iNews.id - Ribuan desa di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan mengubah rancangan anggaran penggunaan dana desa. Dana desa nantinya akan dialokasikan untuk cegah dan antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumsel Yusnin mengatakan, nantinya ada 2.853 desa di Sumsel yang akan mengubah anggaran.

Saat ini, kata Yusnin, pihaknya sudah menerima surat edaran dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal mengenai anggaran dana desa yang harus diprioritaskan untuk program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan pencegahan penanganan virus korona.

“Saya sudah membuat surat edaran kepada 2.853 desa di Sumsel untuk mengubah rancangan anggaran desa,” kata Yusnin, Senin (13/4/2020).

Yusnin menambahkan, penyebaran virus corona disadari telah berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat, tak terkecuali masyarakat yang tinggal di desa.

Untuk itu, lanjut Yusnin, pemerintah mendorong pemerintahan di desa segera bekerja untuk melengkapi semua persyaratan administrasi untuk perealisasian dana desa di tengah pandemi virus corona ini.

Selain itu, Gubernur Sumsel Herman Deru  sudah menginstruksikan agar setiap desa membangun ODP Center.

ODP Center itu tidak perlu dibuat dengan fasilitas yang mahal, yang penting orang di isolasi itu terpantau.

“Di setiap desa bisa dibuat isolasi mandiri menggunakan fasilitas Pusdes, Posdes, bangunan sekolah ataupun Paud dan tetap berkoordinasi dengan petugas Puskesmas,” kata Herman.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto