Dampak Corona, 2.000 Karyawan Hotel di Sumsel Terancam Kena PHK

Antara ยท Senin, 13 April 2020 - 13:28:00 WIB
Dampak Corona, 2.000 Karyawan Hotel di Sumsel Terancam Kena PHK
Karyawan hotel di Palembang menyemprotkan cairan disinfektan (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Lebih dari 2.000 karyawan hotel di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) diprediksi akan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Bukan tanpa alasan, hal ini karena okupansi atau tingkat hunian kamar terus menurun akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel Herlan Aspiudin mengatakan, berdasarkan laporan dari sejumlah manajemen hotel, beberapa hotel telah merumahkan 500 karyawan.

"Ini sebagai tindakan efisiensi agar tetap bisa bertahan beroperasi, namun jika keadaan terus memburuk akan lebih banyak lagi karyawan yang dirumahkan bahkan di-PHK," kata Herlan, Senin (14/3/2020).

Herlan menambahkan, tingkat hunian kamar hotel di Palembang dan daerah lain di Sumsel selau turun sejak Februari dan hingga April 2020. Sepanjang wabah virus corona, hanya sekitar 5-10 persen dari kapasitas kamar yang tersedia.

Herlan mengatakan, untuk mengatasi anjloknya tingkat hunian kamar hotel karena dampak pandem corona, manajemen hotel terpaksa melakukan berbagai tindakan efisiensi.

"Seperti mengurangi karyawan yang bekerja dengan merumahkan sementara dan membuat paket promo," kata dia.

Dengan melakukan efisiensi tersebut, kata dia, sebagian besar hotel di Sumsel masih bisa bertahan beroperasi meskipun secara bisnis merugi. Sementara hotel yang tidak mampu mempertahankan operasionalnya dan mengambil kebijakan menutup sementara bisnisnya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto