Pulang dari India dan Jakarta, 1 Warga OKI Sumsel Jadi PDP Corona

Antara ยท Selasa, 14 April 2020 - 13:54 WIB
Pulang dari India dan Jakarta, 1 Warga OKI Sumsel Jadi PDP Corona
Ilustrasi virus korona. (Foto: Antara)

OKI, iNews.id - Seorang warga di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (OKI) ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19. Dia jadi PDP setelah pulang dari India dan DKI Jakarta.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten OKI Iwan Setiawan mengatakan, warga berinsial DA asal Kecamatan Tulung Selapan itu sedang menjalani isolasi di RSMH Palembang.

“Awalnya yang bersangkutan sudah melakukan isolasi mandiri, lalu menunjukkan gejala sehingga langsung kami rujuk ke RSMH. Saat ini masih menunggu hasil tes swab,” kata Iwan, Selasa (14/4/2020).

Iwan menambahkan, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, orang-orang yang kontak dengan pasien kode PDP 07 ini sudah melakukan tes swab. Hasilnya menunjukkan negatif.

Hal serupa juga dilakukan terhadap PDP 04 berinisial INW. Lima orang yang kontak langsung dengan INW hasil labnya negatif.

Demikian juga ke 20 orang yang kontak tahap pertama dengan PDP 04 dan ke 14 orang yang kontak tahap kedua dengan metode tes cepat.

“Saat ini PDP 04 sudah dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang ke rumah. Dia diminta isolasi mandiri selama satu minggu,” kata dia.

Nantinya, lanjut Iwan, Pemkab OKI akan lebih fokus mengawasi para pelaku perjalanan dari daerah terjangkit corona.

Sejauh ini Gugus Tugas Covid-19 di OKI telah memantau 7.179 orang, yang mana sebanyak 2.248 orang sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Dari 2.248 orang tersebut, 58 orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), 9 orang masih dalam pemantauan, 49 orang selesai pemantauan, 34 orang berstatus orang tanpa gejala (OTG). Kemudian, 3 orang berstatus PDP.

“Masih ada 4.931 orang yang saat ini menjadi masih menjadi perhatian kami. Untuk itu kami sudah memerintahkan gugus tugas di tingkat desa hingga tingkat kecamatan terus memantau siapa saja yang melakukan riwayat perjalanan dari luar kota,” kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto