Pulang ke Sumsel, 170 Santri Gontor Negatif Corona

Antara ยท Selasa, 14 April 2020 - 13:01 WIB
Pulang ke Sumsel, 170 Santri Gontor Negatif Corona
Santri yang pulang ke Sumsel diperiksa agar terhindar virus corona (Antata)

PALEMBANG, iNews.id - Hasil rapid test terhadap 170 santri Pondok Pesantren Modern Gontor yang kembali ke Sumatera Selatan (Sumsel) dinyatakan negatif corona atau Covid-19. Meski begitu, sebagian dari mereka belum diizinkan pulang ke rumah.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel Yusri mengatakan ada 11 orang santri belum diizinkan pulang karena terkait dengan salah seorang rekannya yang dinyatakan positif saat rapid test.

"Satu orang santri juga dirawat di RSUD Siti Fatimah untuk menunggu hasil swab, jika hasilnya negatif maka para santri diizinkan pulang," kata Yusri, Selasa (14/4/2020).

Yusri menambahkan, 11 santri itu sementara waktu menjalani karantina di Rumah Sehat Covid-19 Sumsel bersama lima orang santri lainnya yang lebih dulu dikarantina, mereka akan difasilitasi penuh selama karantina.

Gugus Tugas Sumsel mencatat ada 224 santri pulang ke Sumsel. Ada 66 santri yang pulang melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Sementara ada158 santri yang pulang melalui jalur darat.

Namun rapid test baru menyasar 171 dari 224 santri tersebut, sementara rencananya masih ada 214 santri yang akan menyusul pulang dalam beberapa hari ke depan.

Santri yang diizinkan pulang dengan hasil rapid test negatif serta tidak mengalami gejala yang mendekati Covid-19 tetap diwajibkan untuk menjalani isolasi mandiri. Hal ini untuk memastikan kondisi aman mengingat hasil rapid test tidak sepenuhnya akurat.

Sementara itu, hingga 13 April 2020 kasus positif Covid-19 di Sumsel masih tercatat 18 orang dengan kasus sembuh sebanyak tiga orang dan meninggal dua orang.

Sedangkan yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) yang masih dimonitor sebanyak 635 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat sebanyak 22 orang.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto