Perbaikan Jalintim Palembang-Betung Terhambat karena Kemacetan

Sindonews, Dede Febriansyah ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 18:22 WIB
Perbaikan Jalintim Palembang-Betung Terhambat karena Kemacetan
Perbaikan Jalintim Palembang-Betung (Sindonews)

PALEMBANG, iNews.id - Perbaikan Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Betung terus dikebut. Sayangnya, perbaikan Jalintim dari Palembang hingga Batas Jambi tidak bisa dilakukan 24 jam.

Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Sumatera Selatan, Dedi Mandarsyah mengatakan, ada beberapa faktor penghambat dalam pengerjaan perbaikan jalan tersebut. Di antaranya sempitnya ruas jalan dan tingginya volume kendaraan yang mengakibatkan kemacetan.

"Ruas jalur Betung-Peninggalan dan Peninggalan-Batas Jambi memang dikenal sebagai kawasan langganan macet, itulah yang menyebabkan proses perbaikan jalan menjadi terhambat," kata Dedi, Selasa (25/2/2020).

Dedi menambahkan, untuk proses pengerjaan jalur Betung-Peninggalan dan Peninggalan-Batas Jambi dilakukan bersamaan dengan ruas jalan Batas Palembang-Bentung," imbuhnya.

Untuk memperlancar pembangunan tanpa harus menyebabkan macet, pengerjaan jalan dilakukan dengan menyesuaikan kondisi lalulintas.

"Bila lalulintas lengang maka pekerjaan dilakukan siang hari, namun saat macet maka pekerjaan terpaksa dilakukan pada malam hari," kata dia.

Lebih lanjut, Dedi mengatakan, untuk pembangunan ruas Palembang-Betung di kilometer 14 hingga kilometer 21, pekerjaannya harus dilakukan pada malam hari.

Sementara itu, saat disinggung tentang kondisi jalan, perbaikan Jalintim Batas Palembang-Batas Jambi saat ini masih dalam tahap pengembalian kondisi jalan. Tidak hanya jalan yang berlubang, perbaikan juga dilakukan pada jalan yang retak karena dianggap dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

"Untuk jalan yang retak-retak itu kami gali lapisan atasnya dengan Cold Miling Machine (CMM). Itu kami bongkar dan patching danoverlay," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto