Penipuan Selama Pandemi Meningkat, Warga Sumsel Diimbau Waspada

Antara ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 02:54:00 WIB
Penipuan Selama Pandemi Meningkat, Warga Sumsel Diimbau Waspada
Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Warga Sumatera Selatan (Sumsel) diimbau mewaspadai kasus penipuan dan penggelapan yang meningkat selama masa pandemi Covid-19. Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan peningkatan kasus penipuan dan penggelapan kemungkinan dampak dari pandemi. 

"Kasus penipuan dan penggelapan akhir-akhir ini meningkat, kondisi tersebut kemungkinan pengaruh ekonomi masyarakat terdampak pandemi yang cukup panjang lebih dari satu tahun," ujarnya, Kamis (3/6/2021).

Selama ini kasus yang menjadi perhatian pihaknya untuk ditangani secara maksimal karena meresahkan masyarakat yakni pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor atau dikenal dengan kasus 3C.

Namun dalam setahun terakhir menunjukkan terjadi peningkatan kasus penipuan dan penggelapan mencapai 100 kasus lebih. Kondisi ini perlu diwaspadai agar tidak semakin banyak masyarakat yang menjadi korban.

Warga Sumatera Selatan (Sumsel) diimbau mewaspadai kasus penipuan dan penggelapan yang meningkat selama masa pandemi Covid-19

"Kasus pencurian dengan pemberatan (curat) turun hampir separuh, pada tahun lalu tercatat ada 814 kasus namun pada 2021 dalam periode yang sama (Januari-Mei) turun menjadi 458 kasus. Sedang kasus yang menunjukkan angka kenaikan akhir-akhir ini penipuan serta penggelapan," ujarnya.

Menurut dia, menghadapi kondisi sekarang ini, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi berupaya melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang termasuk perbuatan melanggar hukum seperti menipu dan melakukan penggelapan uang atau barang berharga.

Untuk mencegah menjadi sasaran penipuan dan penggelapan, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dan menutup rapat celah orang tersebut melancarkan aksinya.

"Selain gencar memberikan imbauan kamtibmas, untuk melindungi masyarakat dari sasaran pelaku kejahatan, Polda Sumsel berupaya meningkatkan patroli ke kawasan permukiman dan daerah rawan kejahatan, serta menindak tegas pelaku kejahatan sesuai dengan ketentuan hukum," katanya. 

Editor : Berli Zulkanedi

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: