Penikam Polisi di Palembang Beraksi Secara Sadar dan Hendak Rebut Senjata

Firdaus ยท Senin, 07 Juni 2021 - 08:09:00 WIB
Penikam Polisi di Palembang Beraksi Secara Sadar dan Hendak Rebut Senjata
Tersangka penikam polisi masih menjalani pemeriksaan di Polda Sumsel. (Foto: Firdaus)

PALEMBANG, iNews.id - Muhammad Irsyad (34) pelaku yang menyerang dan menusuk anggota Satlantas Polrestabes Palembang di pos Simpang Angkatan 66 disebutkan melakukan aksinya secara sadar, Jumat (4/6/2021). Pelaku berencana merebut dan menguasai senjata berupa pistol milik polisi yang diserang.

Dirkrimum Polda Sumatera Selatan, Kombes Pol Hisar Siallagan mengatakan, saat dilakukan penggeledahan di dalam rumah kos pelaku, polisi menemukan puluhan senjata tajam yang diakuinya untuk melakukan teror, termasuk yang digunakannya untuk menusuk angggota polisi. "Dia mengaku ingin mengambil senjata api petugas," ujarnya. 

Saat ini penyidik Jatanras Polda Sumatera Selatan masih akan melakukan tes kejiwaan terhadap pelaku. Hal ini dilakukan karena pelaku yang merupakan seorang pengangguran itu, dilaporkan pernah mengalami gangguan kejiwaan.

Pada tahun 2009-2011, pelaku mengalami gangguan kejiwaan dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar Palembang. Keterangan itu didapat dari orang tuanya, saat dimintai keterangan oleh penyidik.

Saat ditangkap, pelaku sempat mengaku sebagai teroris. Namun, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Polda Sumatera Selatan, tidak ditemukan keterkaitan pelaku dengan jaringan teroris manapun. Dugaan sementara, penyerangan tersebut merupakan tindakan kriminal murni yang dilakukan pelaku. 

Di hadapan penyidik Polda Sumatera Selatan, Muhammad Irsyad mengaku sengaja melakukan penyerangan, karena ingin mengambil senjata api petugas. Selama menjalani proses pemeriksaan, pelaku dengan lancar menjawab pertanyaan penyidik. Bahkan, di hadapan penyidik pelaku mengaku dengan sadar melakukan penyerangan terhadap anggota polisi tersebut.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: