Pemprov Sumsel Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Karhutla

Nur Ichsan ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 18:38 WIB
Pemprov Sumsel Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Karhutla
Gubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan (Istimewa)

OGAN ILIR, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Apel Kesiapan Personel dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2020. Apel itu digelar di Kebun Raya Sriwijaya, Desa Bakung, Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (30/6/2020).

Apel itu dihadiri langsung Gubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan serta beberapa stake holder terkait.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan, apel ini dalam rangka kesiapan personel khususnya Polda Sumsel dalam pencegahan dan penanganan karhutla.

"Agar personel siap mencegah dan menangani karhutla di wilayah Sumsel," kata dia lewat keterangan tertulisnya.

Supriadi menambahkan, sebentar lagi Sumsel akan memasuki musim kemarau yang ditandai dengan munculnya beberapa titik api.

"Untuk itu perlu kesiapan personel dan peralatan untuk menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Apel Kesiapan Personel dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2020 (Istimewa)
Apel Kesiapan Personel dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2020 (Istimewa)

Dia melanjutkan, kegiatan ini sebagai bentuk dan langkah keseriusan Pemprov, Kodam dan Polda Sumsel dalam menangani masalah kebakaran hutan dan lahan di wilayah sumsel.

"Apel ini juga bertujuan untuk mengecek kesiapan peralatan yang kita miliki kemudian kesiapan dari personel, kesiapan piranti lunak dan lain sebagainya," kata dia.

Sehingga, lanjut dia, Polda Sumsel siap untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan karhutla. Dirinya juga berharap agar masyarakat dapat bersinergi dengan seluruh stake holder serta mengoptimalkan pelaksanaan sosialisasi tentang larangan/dampak dari karhutla.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto