Pemkab OKU Tetap Bangun Rumah Sakit Meski Digempur Virus Corona

Antara ยท Kamis, 16 April 2020 - 17:27 WIB
Pemkab OKU Tetap Bangun Rumah Sakit Meski Digempur Virus Corona
Ilustrasi virus corona (Foto: ANTARA)

BATURAJA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) akan membangun gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sutow Baturaja. RS itu rencananya dibangun pada Mei 2020 yang berarti di tengah pandemi virus corona.

Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (LPBJ) Setda OKU, Karel Akbar mengatakan, meskipun saat ini sejumlah anggaran di instansi pemerintahan daerah setempat dipangkas karena dampak pandemi corona, namun tidak menghambat pembangunan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja.

"Justru di tengah pandemi corona pembangunan tempat pelayanan kesehatan menjadi prioritas. Target kami akhir Mei 2020 mulai dibangun," kata Karel, Kamis (16/4/2020).

Karel mengakui, pembangunan gedung lima lantai di RSUD Ibnu Soetowo Baturaja ini sebelumnya diwacanakan mulai dibangun pada awal tahun 2019 lalu.

"Namun, batal dilaksanakan karena beberapa hal antara lain aplikasi sistem pengadaan barang dan jasa versi 2.6 berakhir pada 31 Desember 2018 lalu sehingga pembangunannya ditunda dan mulai dikerjakan tahun ini," kata dia.

RS itu nantinya, kata Karel, akan menjadi gedung RS terbesar di Kota Baturaja. RS imi dibangun menggunakan APBD Kabupaten OKU tahun anggaran 2020 sebesar Rp58,7 miliar.

"Saat ini sedang tahap proses lelang tender guna mencari pihak ketiga yang akan melaksanakan pembangunannya," katanya.

Untuk tahap awal pembangunan tahun ini, kata dia, rencananya gedung di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja akan dibangun dua lantai ruang rawat inap dan IGD.

"Tahap kedua pembangunan tiga lantai dilanjutkan tahun depan," katanya.

RSUD Ibnu Sutowo Baturaja ini juga, lanjut dia, nantinya menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien dari kabupaten tetangga lainnya seperti OKU Timur dan OKU Selatan.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto