Pura-Pura Ajak Makan Tekwan, Pemuda di OKU Sumsel Perkosa Remaja 16 Tahun

Antara ยท Rabu, 04 Maret 2020 - 15:43 WIB
Pura-Pura Ajak Makan Tekwan, Pemuda di OKU Sumsel Perkosa Remaja 16 Tahun
Ilustrasi. (Foto: AFP)

BATURAJA, iNews.id – Seorang pria warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) menangkap seorang pemuda berinisial PA (20), karena memerkosa remaja perempuan berusia 16 tahun, LA. Pelaku melakukan aksinya setelah terlebih dahulu berpura-pura mengajak korban makan tekwan.

Pelaku akhirnya ditangkap petugas jajaran Polres OKU pada Jumat (28/2/2020). Polisi menangkap pelaku berdasarkan laporan dari ibu korban, Rilayanti (39), ke SPKT Mapolres OKU dengan No.LP–B/22/II/2020/SPK OKU tertanggal 11 Februari 2020.

“Kami menangkap pelaku saat berada di Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Baturaja Timur karena ada panggilan di sana,” kata Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga di Baturaja, Rabu (4/3/2020).

Kapolres OKU menjelaskan, kronologi pemerkosaan berawal saat pelaku bertemu dengan korban LA (16), warga Kelurahan Sukaraya, Kecamatan Baturaja Timur. Pelaku mengajak korban ke kontrakannya di kawasan Kelurahan Sukaraya, Kecamatan Baturaja Timur, pada 5 Januari 2020 sekitar pukul 08.00 WIB.

“Saat itu pelaku datang ke rumah pelapor untuk menjemput korban untuk diajak ke kosannya di Lorong Iman III, Kelurahan Sukaraya, Kecamatan Baturaja Timur dengan alasan untuk makan tekwan,” katanya.

Setelah tiba di kos pelaku, pelaku memaksa anak di bawah umur itu masuk ke dalam kamarnya. Di sana, pelaku langsung memerkosa korban yang berusaha melawan. “Korban sempat melawan, namun kalah tenaga sehingga pelaku berhasil melakukan aksinya,” ujarnya.

Tersangka saat ini masih diamankan di Mapolres OKU. Pelaku diancam dengan Pasal 81 dan Pasal 82 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 atas perubahan UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.


Editor : Maria Christina