74 Desa di Kabupaten OKU Gelar Pilkades Serentak, Polisi Terjunkan Ratusan Personel

Antara ยท Rabu, 04 Maret 2020 - 14:30 WIB
74 Desa di Kabupaten OKU Gelar Pilkades Serentak, Polisi Terjunkan Ratusan Personel
Polres OKU menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades 2020, Rabu (4/3/2020). (Foto: Antara)

BATURAJA, iNews.id – Sebanyak 74 desa yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2020, besok Kamis (5/3/2020). Polres OKU menerjunkan ratusan personel kepolisian setempat untuk mengamankan pesta demokrasi itu.

Kabag Ops Polres OKU Kompol Mahmudin Ginting mengatakan, pada pelaksanaan Pilkades Serentak 2020, Polres OKU melibatkan sebanyak 181 personel untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu, sebanyak 83 personel juga akan ditugaskan pada tiga zona dan dibantu 100 personel lainnya.

“Khusus untuk pengamanan proses pilkades di di daerah konflik di Kabupaten OKU, kami akan menambah jumlah personel jika itu diperlukan,” kata Mahmudin Ginting di Baturaja, Rabu (4/3/2020).

Mahmudin mengatakan, untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades Serentak 2020, diperlukan sinergitas seluruh pihak terkait agar proses pemilihan nanti berjalan aman dan lancar. Polres OKU juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Kami terus berkoordinasi dengan camat, TNI, Polri serta perangkat lainnya untuk menyukseskan pilkades tahun ini,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0403 OKU, Letkol Arh Tan Kurniawan mengajak semua seluruh pihak yang terlibat untuk bersinergi menyukseskan proses Pilkades Serentak 2020 di wilayah setempat. Masing-masing pihak harus menjaga netralitas sehingga tidak terjadi konflik.

“Suasana netralitas harus selalu ditanamkan dan tidak memihak salah satu paslon pilkades. Kemudian, melakukan pendekatan persuasif guna menciptakan kedamaian,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten OKU, Ahmad Firdaus sebelumnya mengatakan, Pilkades Serentak Tahun 2020 di Kabupaten OKU diikuti sebanyak 74 desa yang tersebar di 12 kecamatan di wilayah setempat. Sementara jumlah calon kepala desa yang ikut mencalonkan diri dalam kompetisi pilkades di OKU tahun ini sebanyak 246 orang.

“Ada sebanyak 246 peserta yang memperebutkan 74 kursi kepala desa di Pilkades Serentak 2020 di OKU,” katanya.

Dia berharap kepada seluruh panitia pelaksanaan pilkades dapat menjelaskan tugas sesuai dengan pokok dan fungsinya agar tercipta pemilihan yang jujur dan adil. Pelaksanan pilkades juga dibantu oleh ratusan personel keamanan mulai dari jajaran TNI, Polri dan Satpol PP.


Editor : Maria Christina