Bawaslu Ingatkan Milenials di OKU Tak Kepincut Politik Uang

Antara ยท Rabu, 04 Maret 2020 - 12:45 WIB
Bawaslu Ingatkan Milenials di OKU Tak Kepincut Politik Uang
Ilustrasi politik uang (Foto: Antara)

BATURAJA, iNews.id - Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan (Sumsel) mengajak kaum milenial tidak terpengaruh dengan politik uang dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Mereka diminta menjadi pemilih yang cerdas.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja meminta agar milenial tidak kepincut tawaran uang dari calon pemimpin. Pasalnya, itu akan berpengaruh pada kinerja pemimpin kedepannya.

"Jadilah pemilih yang cerdas. Jangan pilih pemimpin yang mempraktekkan politik uang agar kedepannya pemimpin yang kami pilih akan lebih jujur dan berkualitas," kata Rahmat, saat memberikan materi sosialisasi kepada mahasiswa dalam rangka Bawaslu Goes To Campus di Auditorium Universitas Baturaja (Unbara), Ogan Komering Ulu (OKU), Rabu (4/3/2020).

Menurut dia, peran kaum milenial khususnya mahasiswa bertanggung jawab dalam mengawasi demokrasi dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di wilayah itu. Dia pun mengingatkan, politik uang bentuknya banyak tak hanya uang tunai.

"Kami harapkan teman-teman sekalian untuk tidak menerima politik uang termasuk sembako, pulsa dan kuota internet serta apapun yang termasuk dalam politik uang karena itu haram," ucapnya.

Kepala Sekertaris Bawaslu OKU, Jonaidi dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Bawaslu Goes To Campus ini ditujukan untuk meningkatkan partisipasi generasi muda dalam pengawasan partisipatif Pilkada Kabupaten OKU Tahun 2020.

Dia berharap, melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran para kaum milineal di wilayah setempat agar anti dalam politik uang.

"Mari sama-sama kami menjaga pesta demokrasi Pilkada 2020 khususnya di Kabupaten OKU dari politik uang," ujarnya.


Editor : Nani Suherni