Pemkab OKU Gandeng Ulama untuk Sukseskan Pilkada 2020

Antara ยท Kamis, 08 Oktober 2020 - 10:47:00 WIB
Pemkab OKU Gandeng Ulama untuk Sukseskan Pilkada 2020
Pemkab Ogan Komering Ulu gandeng Ulama untuk sukseskan Pilkada 2020 (Antara)

BATURAJA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) menggandeng dan meminta seluruh ulama pengurus Nahdlatul Ulama (NU) untuk ikut menyukseskan Pilkada 2020. Permintaan ini langsung disampaikan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati OKU, Muhammad Zaki Aslam.

"Sebab, untuk menyukseskan pilkada diperlukan dukungan dan sinergritas seluruh pihak terkait, termasuk para ulama," kata Muhammad Zaki Aslam, Kamis (8/10/2020).

Zaki menambahkan, ulama sebagai panutan masyarakat mempunyai peran penting dan harus mampu mengajak masyarakat untuk menyukseskan Pilkada serentak 2020 agar berjalan aman dan damai.

Pelaksanaan pilkada, kata dia, tidak menutup kemungkinan terjadinya konflik sosial sehingga peran para Ulama ini sangat dibutuhkan untuk mendinginkan suasana.

"Peran ulama tentu harus bisa mendinginkan suasana agar konflik yang terjadi bisa dihindari dan membawa kesejukan di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Zaki juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga sikap, perkataan dan etika agar tidak terjadi kericuhan menjelang Pilkada 9 Desember 2020.

"Masyarakat juga jangan mudah terpengaruh dan terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang dapat memicu keributan dalam proses Pilkada nanti," harapnya.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang NU OKU, M Bahori mengatakan, pihaknya siap membantu menyosialisasikan pilkada aman dan damai kepada seluruh masyarakat di OKU.

"Kami para ulama siap berperan aktif membantu pemerintah. Dan ini sudah kita lakukan sejak jauh hari," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto