Kebakaran Landa Kampung Sawo OKU, Warga Panik Selamatkan Barang-Barang

Widori Agustino ยท Jumat, 02 Oktober 2020 - 22:15:00 WIB
Kebakaran Landa Kampung Sawo OKU, Warga Panik Selamatkan Barang-Barang
Api berkobar di permukiman padat penduduk di tengah Kota Baturaja, OKU, Sumsel, Jumat (2/10/2020) malam. (Foto: iNews/Widori Agustino)

BATURAJA, iNews.id - Kebakaran melanda permukiman padat penduduk di Kampung Sawo RT 06 RW 2, Kelurahan Kemalaraja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat malam (2/10/2020). Musibah ini membuat warga setempat panik dan berusaha menyelamatkan barang-barang berharganya.

Beruntung, api tidak sempat merembet ke rumah-rumah di Kampung Sawo. Kobaran api yang diduga dipicu korsleting listrik itu hanya sempat membakar satu rumah warga.

Ketua RT setempat, Lubis menjelaskan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu kondisi rumah milik Suparlin tidak berpenghuni.

Api pertama kali muncul dari lantai dua rumah milik korban. Namun, warga baru melihatnya setelah api sudah membesar. Kondisi rumah yang berada di lingkungan padat penduduk membuat api sulit dipadamkan.

"Jadi satu rumah yang hangus, pemiliknya lagi di luar kota tidak ada orang. Api muncul dari lantai dua. Kemungkinan penyebabnya arus pendek listrik," ujar Lubis usai ikut memadamkan api.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Namun, semua harta benda di dalam rumah berlantai dua itu hangus tak bersisa.

Api baru bisa dipadamkan satu setengah jam setelah beberapa unit mobil pemadam kebakaran dibantu warga tiba di lokasi. Kebakaran itu membuat warga setempat trauma. Beberapa warga masih berusaha menyelamatkan harta benda mereka meski api sudah padam.

Editor : Maria Christina