Pedagang Positif Covid-19 di Palembang Bakal Diisolasi di Wisma Atlet Jakabaring

Antara ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 12:10 WIB
Pedagang Positif Covid-19 di Palembang Bakal Diisolasi di Wisma Atlet Jakabaring
Pedagang di pasar tradisional menjalani rapid test massal. (Foto: Antara).

PALEMBANG, iNews.id - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Palembang bakal melakukan rapid test di sejumlah pasar tradisional untuk mendeteksi dini penularan virus corona. Mereka yang nantinya dinyatakan terpapar virus corona akan diisolasi di Wisma Atlet Jakabaring.

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, rapid test merupakan langkah awal dari prosedur pengecekan virus. Bila ada pedagang yang ketahuan reaktif, akan diarahkan untuk tes swab.

"Jika nanti ternyata positif, namun masuk kategori orang tanpa gejala (OTG), tidak perlu layanan kesehatan, bisa isolasi mandiri atau di wisma atlet," kata Fitriani di Kota Palembang, Sumsel, Sabtu (27/6/2020).

Dia mengatakan, cenderung memilih untuk menerapkan rapid test ketimbang tes swab. Sebab untuk pemeriksaan lanjutan secara massa bisa memakan biaya besar.

"Untuk swab itu biaya mahalnya bisa sampai Rp2 juta-an, sementara rapid lebih murah. Kalau memang nanti ada yang reaktif maka akan dilanjutkan tes swab," ujar dia.

Menurut dia, program rapid test ini akan mengincar pedagang dan pengunjung di pasar tradisional. Sebab penerapan protokol kesehatan di lokasi tersebut sulit dikontrol.

"Penyebaran Covid-19 yang belum bisa dikontrol itu di pasar saja, kalau tempat keramaian lain lebih ketat karena mereka betul-betul menyediakan fasilitas untuk penegakkan protokol kesehatan," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal